Tim Tagana BSMI Data Ribuan Pengungsi Gempa Sulbar di Sejumlah Titik

Pasca gempa bumi yang melanda Mamuju Sulawesi Barat, ribuan penyintas tersebar di beberapa titik. Tim Tanggap Bencana (Tagana) BSMI sigap melakukan olah data langsung di tempat-tempat pengungsian sejak 6 Juni hingga 9 Juni 2022.

“Berdasarkan hasil Asessment perhari ini 09 Juni didapatkan update data dari beberapa titik pengungsian di Kabupaten Mamuju” papar Akbar selaku Ketua BSMI Mamuju.

“Titik Pengungsian di Stadion Manakarra terdapat 632 Jiwa laki2 dan 553 jiwa perempuan. Total 1185 jiwa. Dengan rincian: balita 74 laki-laki dan 61 perempuan. Anak-anak 120 laki-laki dan 101 perempuan. Untuk usia dewasa, laki-laki 284 jiwa dan perempuan 300 jiwa. Untuk data lansia sebanyak 9 laki-laki dan 13 perempuan, serta terdapat 9 orang Ibu hamil” terang Akbar saat berada di lokasi pengungsian.

Akbar menambahkan untuk data pengungsian di Jalur 2 Mamuju. Terdapat 317 Laki2 dan 263 Perempuan. Adapun data balita sebanyak 30 laki-laki, dan 25 perempuan. Untuk data anak-anak sebanyak 57 laki-laki dan 35 perempuan. Selain itu untuk usia dewasa terdapat 220 laki-laki dan 189 perempuan. Kemudian lansia terdapat 10 orang laki-laki dan 13 perempuan. Terakhir, data Ibu hamil sebanyak 5 orang.

Para Relawan BSMI
juga mendapati Kantor Bupati Mamuju menjadi titik pengungsian bagi ratusan warga.

“Di Kantor Bupati Mamuju. Terdapat 268 jiwa. Untuk usia balita terdapat 16 laki-laki dan 11 perempuan. Usia anak-anak ada 31 laki-laki dan 33 perempuan. Selain itu untuk usia dewasa, terdapat 84 laki-laki dan 86 perempuan. Sedangkan Lansia ada 3 orang laki-laki dan 4 orang perempuan” ungkap lelaki yang berlatar belakang perawat ini.

“Juga masih banyak pengungsi yang terdapat di terminal Kelurahan Simboro. Kami total itu ada 79 kepala keluarga” tambahnya.

Di sisi lain, Dedi Suprianto selaku Anggota Tim BSMI meminta suplai bantuan untuk kebutuhan mendesak para pengungsi

“Kebutuhan mendesak mereka berupa layanan kesehatan, obat-obatan, air minum, makanan, tenda, kebutuhan bayi, serta kebutuhan lainnya” tuturnya pada tim media BSMI Sulsel.

BSMI Sulbar membuka donasi bagi para dermawan untuk memenuhi kebutuhan penyintas gempa bumi Sulbar. Kirimkan langsung bantuan anda melalui :

Rekening Bank Syariah Indonesia

No Rekening: 7150666729

A.n BSMI Sulawesi Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *