Solidaritas Umat Islam Di Uji Dengan Konflik Palestina-Israel

aksi bela palestina

Umat islam mana yang tidak prihatin dengan apa yang terjadi dengan saudara-saudara kita di Palestina saat ini. Telah hampir 80 tahun mereka berjuang mempertahankan tanah mereka dari serangan dan gempuran pihak zionis Israel dan sekutunya yang telah memakan ratusan hingga ribuan korban jiwa. Jika meninjau dari sejarah kedua negara, Israel awal nya hanya menumpang di wilayah Palestina menempati sebagian wilayah Palestina sebagai tempat mengungsi mereka. Awalnya Israel hanya sebatas bangsa biasa dan bukan negara, namun pada tahun 1948 dengan bantuan beberapa pihak, Israel secara mengejutkan resmi berdiri sebagai negara dan mulai bertingkah nakal ingin menguasai beberapa wilayah Palestina.

Konflik kedua negara memang bukanlah konflik dua arah yang sederhana, dimana pihak Israel satu tujuan menguasai Palestina dan sebaliknya di kubu Palestina. Namun, konflik yang berkepanjangan ini murni adalah konflik antar kelompok, kubu Israel diwakili oleh zionis menyerang wilayah yang dilindungi oleh organisasi bela Palestina atau Hamas yang juga merupakan partai politik di sana. Dan tak bisa dipungkiri juga bahwa konflik antara kedua negara didasarkan pada konflik agama, dimana pihak Israel merasa bahwa tanah yerussalem merupakan wilayah yang dijanjikan oleh Allah kepada mereka, begitu pun sebaliknya.

Terlepas dari apa yang menjadi latar belakang perseteruan mereka, terlepas dari pro-kontra antara konflik kedua negara tersebut. kita sebagai umat islam sudah sewajarnya untuk menunjukkan solidaritas kita sebagai seorang muslim yang bersaudara. Palestina memang jauh dari indonesia, sekitar 8-10 jam untuk sampai kesana menggunakan pesawat, dan untuk masuk kesana tidak semudah yang dibayangkan. Namun dalam islam persaudaraan tidak dibatasi negara, selama orang tersebut adalah muslim, kita semua bersaudara, kita semua harus menunjukkan rasa simpati dan dukungan kepada umat islam Palestina sekalipun jauh dari indonesia.

Rakyat Palestina pun punya hak untuk hidup damai, hal itu yang tengah mereka perjuangan di sana. telah hampir ribuan hingga jutaan korban berjatuhan di Palestina untuk memperjuangkan hak mereka. Banyak cara yang bisa kita lakukan sebagai bentuk solidaritas kita sebagai seorang muslim, mulai dari hal-hal kecil hingga hal besar yang langsung bisa dirasakan oleh mereka di sana.

Perjuangan jangka pendek seperti berdoa bersama, bisa menjadi pilihan terbaik yang bisa kita lakukan secara luas untuk membantu sudara kita di Palestina. Doa adalah senjata utama umat islam, bagaimanapun tidak ada yang bisa menolong selain Allah, bagaimanapun kondisinya Allah akan selalu melindungi kita. Sekuat apapun musuh nya, selengkap apapun persenjataannya, dengan kuasa Allah semua itu dapat dikalahkan dengan mudah.

Namun, tentu Allah tetap ingin melihat perjuangan kita, sejauh mana kita bertawakal kepadanya. Allah akan menolong jika waktu nya sudah tiba, yakin bahwa tiap apa yang terjadi semuanya adalah skenario dari Allah, yang pasti berakhir bahagia. Tetap tunjukkan solidaritas kita secara zahir, dapat kita lakukan dengan menggalakkan aksi bela Palestina, yang meluas di seluruh indonesia, negara lain pun akan melakukan hal ini, agar dunia bisa melihat bagaimana solidaritas umat islam, bagaimana banyak dan kuatnya kita dalam berjuang. Untuk bisa lebih membantu lagi, kita bisa merangkaikan aksi bela Palestina yang kita lakukan dengan donasi bersama, baik berupa pakaian, makanan, obat-obatan, dan uang sebagai bentuk dukungan kita terhadap mereka.

Ingat selalu bahwa Allah akan membalas kebaikan kita dengan sesuatu yang berlipat. Jangan takut mengeluarkan sebagian harta kita untuk perjuangan umat. Kita muslim dan kita kuat karena Allah selalu bersama kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *