Sedekah Dan Beberapa Bentuknya

donasi online

Sedekah secara bahasa memiliki arti pemberian. Secara istilah sedekah berarti segala bentuk pemberian yang diberikan oleh seorang muslim kepada pihak yang lain secara sukarela tanpa ditentukan waktu, jumlah dan lokasi tertentu. Sedekah juga bisa berarti pemberian yang diberikan oleh seorang muslim sebagai bentuk kebajikan dengan mengharap ridho Allah.

Dalam al-quran dan hadist, ada begitu banyak dalil yang menunjukkan kedudukan sedekah beserta keutamaan nya di sisi Allah. Seperti diantara nya:

”Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma’ruf atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami akan memberi kepadanya pahala yang besar.” (QS An Nisaa [4]: 114).

Mengenai hukum sedekah, ulama bersepakat hukum sedekah adalah sunnah, artinya berpahala apabila dilakukan dan tidak mendapat dosa saat di tinggalkan kecuali sedekah yang sudah di nazarkan maka berdosa saat ditinggalkan karena kedudukan hukumnya menjadi wajib.

Sedekah juga bisa dikenal dengan istilah derma atau donasi. Namun, penggunaan dua istilah ini lebih merujuk ke sedekah dengan harta seperti uang, emas, dan harta berharga lainnya. di tengah perkembangan zaman, bersedekah dengan harta atau uang sudah sangat mudah untuk dilakukan. Dengan memanfaatkan teknologi, banyak metode yang tersedia seperti misalnya sedekah online atau donasi online. Karena persaudaraan islam tidak terbatas oleh batas jarak dan wilayah, terkadang kita ingin membantu saudara kita yang jauh di sana. Dengan metode donasi online, bersedekah ke pihak yang jauh sudah sangat mungkin dilakukan bahkan lintas negara sekalipun.

Namun sedekah tidak hanya sebatas hanya dalam bentuk harta. Secara luas, sedekah bisa dalam bentuk perbuatan fisik, ucapan, pikiran, tersenyum bahkan kebaikan untuk diri sendiri juga masuk dalam lingkup sedekah. Sebagaimana sabda Rasulullah saw:

“Setiap sendi manusia perlu bersedekah, setiap hari matahari terbit ada orang mengadili dua orang adalah sedekah. Membantu orang dengan mengangkat barang ke atas binatang tunggangan adalah sedekah. Satu kalimah yang baik adalah sedekah. Setiap langkah untuk mengerjakan solat adalah sedekah dan membuang sesuatu berbahaya di jalanan adalah sedekah. (HR. Bukhari).

“Setiap kali tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, menyuruh pada kebaikan adalah sedekah, melarang kemungkaran adalah sedekah, dan hubungan intim kalian (dengan isteri) adalah sedekah.” Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah salah seorang di antara kami melampiaskan syahwatnya dan dia mendapatkan pahala?” Rasulullah Saw menjawab, “Bagaimana pendapat kalian jika ia melampiaskan syahwatnya pada yang haram, apakah ia berdosa? Demikian juga jika melampiaskannya pada yang halal, maka ia mendapatkan pahala.” (HR. Muslim).

“Bahwasanya diciptakan dari setiap anak cucu Adam tiga ratus enam puluh persendian. Maka barangsiapa yang bertakbir, bertahmid, bertasbih, beristighfar, menyingkirkan batu, duri atau tulang dari jalan, amar ma’ruf nahi mungkar, maka akan dihitung sejumlah tiga ratus enam puluh persendian. Dan ia sedang berjalan pada hari itu, sedangkan ia dibebaskan dirinya dari api neraka.” (HR. Muslim)

“Tidaklah ada satu pekerjaan yang paling mulia yang dilakukan oleh seseorang daripada pekerjaan yang dilakukan dari tangannya sendiri. Dan tidaklah seseorang menafkahkan hartanya terhadap diri, keluarga, anak dan pembantunya melainkan akan menjadi shadaqah.” (HR. Ibnu Majah)

Hadist diatas adalah sedikit dari banyaknya hadist yang menjelaskan tentang sedekah. Diantara beberapa sedekah yang disebutkan tadi, ada setidaknya 3 sedekah yang paling mulia di sisi Allah yaitu, sedekah jariyah, sedekah sembunyi-sembunyi, dan sedekah kepada kerabat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *