Ramadhan Penuh Berkah, 3 Cabang BSMI di Tanah Luwu Raya Berbenah dan Bersiap Deklarasi

BSMI-SULSEL.OR.ID- Luwu. Tanah Luwu memiliki akar sejarah yang kuat bagi masyrakat Sulawesi Selatan. Dalam sejarah-sejarah kerajaan di Sulawesi Luwu dianggap sebagai daerah “nenek moyang” orang Sulawesi Selatan. Pun demikian masuknya agama ISlam di Sulawesi Selatan dimulai melalui jalur Luwu baru kemudian ke arah selatan Makassar , Bone dan Sekitarnya. Masyarakat Luwu dianggap “senior” dari etnis Bugis ( Kerajaan Bone) dan Makassar ( Gowa-Tallo).

Relawan-relawan BSMI yang berasal dari tanah Luwu sudah ada sejak sekitar tahun 2008. Luwu sendiri merupkan sebuah Kabupaten, lalu mekar menjadi 3 kabupaten yaitu Luwu Timur dan Luwu Utara. Praktis sekarang ada 4 Kabupaten/Kota di Luwu Raya , Yaitu : Palopo, Luwu , Luwu Timur, Luwu Utara dan Luwu Timur. Jika terdapat 1 Kabupaten lagi yang mekar maka bisa memenuhi syarat untuk menjadi Provinsi Baru di luar Sulawesi Selatan. Namun nampaknya proses politik masih panjang utnuk bisa memisahkan diri dari Sulawesi Selatan.

Barisan Relawan BSMI dari Luwu Raya saat bertugas di Tanggap Bencana Gempa Sulawesi Tengah

Pendirian cabang BSMI di area Luwu Raya adalah sautu keniscayaan. Salah satu relawan senior BSMI di Luwu , Khidir Arifin mengatakan SDM relawan di Luwu Raya cukup banyak dan mumpuni untuk menjalankan organsiasi bahkan sebagian besar sudah terlatih turun dalam aksi-aksi kemanusiaan yang terbesar terkahir adalah musibah gempa di lombok NTB dan gempa Sulawesi Tengah.

“Jauh sebelum musibah gempa pun kawan-kawan relawan BSMI di Palopo dan Luwu beberapa kali melakukan latihan bersama dengan Badan Peanggulangan Bencana Daerah ( BPPD) Kota Palopo” ujar Khidir.

Barisan Relawan BSMI area Luwu Raya menggelar Aksi Solidaritas Kemanusiaan Pembantaian Muslim Uhygur China ditengah bertugas di Sulawesi Tengah

Jika tidak ada kendala berarti, maka nantinya akan ada 3 Cabang baru di area Luwu Raya yaitu :


1. Cabang Palopo – Kotamadya

2. Cabang Luwu – Kabupaten

3. Cabang Luwu Timur- Kabupaten

Dengan adanya cabang-cabang baru maka diharapkan aksi-aksi Perhimpunan Bulan Sabit Merah Indonesia ( BSMI) di area tanah Luwu Raya bisa memberikan banyak manfaat buat masyarakat.

Selamatkan Satu Jiwa, Sambung Seribu Asa

Salam Kemanusiaan Tanpa Batas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *