Pengertian Dan Pembagian Rumah Sakit

rumah sakit jiwa

Menurut definisi resmi dari pemerintah, pengertian rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. (Permenkes Nomor 34 tahun 2016). Dari definisi ini ditarik kesimpulan rumah sakit merupakan sarana kesehatan yang menyelenggarakan upaya dalam lingkup kesehatan. Upaya kesehatan meliputi, kegiatan meningkatkan dan memelihara kesehatan, yang pada akhirnya akan berujung pada meningkatnya kualitas hidup yang optimal bagi masyarakat.

Upaya kesehatan yang menjadi tugas rumah sakit diselenggarakan dengan pendekatan pemeliharaan, peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan (reventif), penyembuhan (kuratif), dan pemulihan (rehabilitasi), yang dilaksanakan secara terpadu dan menyeluruh serta berkelanjutan. Secara rinci tugas dari rumah sakit sebagai berikut:

  1. Penyelenggaraan pelayanan pengobatan dan pemulihan kesehatan sesuai dengan standar pelayanan rumah sakit.
  2. Pemeliharaan dan peningkatan kesehatan perorangan melalui pelayanan kesehatan yang paripurna tingkat kedua dan ketiga sesuai kebutuhan medis.
  3. Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia dalam rangka peningkatan kemampuan dalam pemberian pelayanan kesehatan.
  4. Penyelenggaraan penelitian dan pengembangan serta penapisan teknologi bidang kesehatan dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan dengan memperlihatkan etika ilmu pengetahuan bidang kesehatan.

Seiring perkembangannya, rumah sakit berkembang menjadi beberapa klasifikasi berdasarkan jenis pelayanan, jangka waktu pelayanan, kepemilikan, fasilitas pelayanan dan daya tampung, serta afiliasi pendidikan. Untuk lebih jelas nya, berikut pembagian dan klasifikasi rumah sakit di indonesia:

Berdasarkan pelayanannya rumah sakit digolongkan menjadi:

  1. Rumah sakit umum, merupakan rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan yang bersifat dasar, spesialistik dan sub spesialistik.
  2. Rumah sakit khusus, merupakan rumah sakit yang mempunyai fungsi premier, memberikan diagnosis dan pengobatan untuk penderita yang mempunyai kondisi medik khusus, baik bedah atau non bedah.

Berdasarkan kepemilikan rumah sakit digolongkan menjadi:

  1. Rumah sakit umum pemerintah, merupakan rumah sakit umum milik pemerintah, baik pusat maupun daerah, departemen pertahanan dan keamanan, maupun badan usaha miliki negara. Rumah sakit umum pemerintah dibagi kembali berdasarkan unsur pelayanan, ketenagaan, fisik dan peralatan menjadi kelas A, B. C dan D.
  2. Rumah sakit umum swasta
    1. Rumah sakit umum swasta pratama, merupakan rumah sakit umum swasta yang memberikan pelayanan medik bersifat umum.
    2. Rumah sakit umum swasta madya, merupakan rumah sakit umum swasta yang memberikan pelayanan medik bersifat umum dan spesialistik dalam empat cabang.
    3. Rumah sakit umum swasta utama, merupakan rumah sakit umum swasta yang memberikan pelayanan bersifat umu, spesialistik, dan sub spesialistik.

Berdasarkan fasilitas pelayanan dan kapasitas tempat tidur rumah sakit digolongkan menjadi;

  1. Rumah sakit kelas A, mempunyai fasilitas dan kemampuan pelayanan medik spesialistik dan sub spesialistik luas dengan kapasitas lebih dari 1000 tempat tidur.
  2. Rumah sakit kelas B, mempunyai fasilitas dan kemampuan pelayanan medik minimal 11 spesialistik dan belum memiliki sub spesialistik luas dengan kapasitas tempat tidur sekitar 300-500 untuk kelas B1 dan kapasitas tempat tidur 500-1000 untuk kelas B2.
  3. Rumah sakit kelas C, mempunyai fasilitas dan kemampuan pelayanan medik spesialistik dasar dengan kapasitas 100-500 tempat tidur.
  4. Rumah sakit kelas D, mempunyai fasilitas dan kemampuan pelayanan medik dasar dengan kapasitas tempat tidur kurang dari 100.

Dari pembagian-pembagian inilah di indonesia dikenal beberapa jenis rumah sakit, seperti rumah sakit daerah, puskesmas, posyandu, rumah sakit jiwa, dan masih banyak lagi jenis rumah sakit sesuai pembagian dan pengategorian yang telah disusun pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *