Penanggulangan Malaria bagi Pengungsi di Lombok Barat

Selain diintai oleh gempa susulan dan trauma yang menakutkan, para korban gempa bumi Lombok juga harus berjibaku dengan ancaman penyakit-penyakit menular.

Salah satu yang paling mengkhawatirkan adalah penyakit malaria yang sangat mudah menyebar di antara para pengungsi yang sehari-hari hidup di tempat terbuka dan hanya bernaung di bawah tenda-tenda.

Sehubungan dengan hal itu, BSMI hari ini (15/09) mulai menurunkan analis kesehatan untuk ikut membantu penanggulangan Malaria di Lombok Barat.

Adalah Ramadhan seorang relawan BSMI DKI Jakarta yang diutus ke Rumah Sakit Lapangan BSMI untuk bertugas di Laboratorium RSL (Rumah Sakit Lapangan) sekaligus ikut membantu pemeriksaan Malaria di dusun Bunian Desa Bengkaung Kecamatan Meninting Lombok Utar

Peristiwa gempa bumi yang menerjang Lombok pada sepanjang Agustus lalu memberikan dampak yang signifikan pada menurunnya kualitas kebersihan dan kesehatan lingkungan, terutama di daerah lokasi bencana dan sekitarnya.

Banyaknya reruntuhan bangunan dan jenazah yang belum terevakuasi dengan baik membawa dampak pada kondisi lingkungan. Sebab tempat-tempat tersebut menjadi sarang berkembang biaknya berbagai vektor penyakit.

Salah satu yang paling dikhawatirkan adalah perkembang biakan nyamuk Anopheles yang merupakan vektor untuk penularan penyakit malaria. Oleh karena itu dibutuhkan penanggulangan dan pencegahan serius bagi para korban untuk mengatasi menyebarnya penyakit ini terutama di lingkungan pengungsian yang kondisi sanitasinya masih serba darurat.

Sebelumnya Rumah Sakit Lapangan BSMI menyerahkan bantuan Rdt ( Rapid Diagnostic Test) kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat serta turut mengikuti rapat bersama Kementrian Kesehatan, Dinas Kesehatan dan pegawai Laboratorium se-Lombok Barat.

Ramadhan mengungkapkan bahwa hari ini adalah hari pertama analis kesehatan ini bertugas di lapangan setelah 4 hari di Lombok memenuhi segala persiapan kordinasi dengan pihak Dinkes Lombok Barat.

“Hari ini Bulan Sabit Merah telah membantu pembuatan slide dan pewarnaan malaria. Hari ini adalah hari pertama dan akan selesai pada hari selasa nanti” ungkapnya pada tim Media BSMI setelah selesai melaksanakan tugas di sore hari.

 

_________________________

♡ BSMI masih membersamai dan memaksimalkan pertolongan pada warga terdampak gempa Lombok & Sumbawa ♡
SEGERA donasikan bantuan anda ke rekening :

A.n Bulan Sabit Merah Indonesia Cabang Sulawesi Selatan

– BANK SYARIAH MANDIRI (KODE transfer 451) 7075070572

Konfirmasi transfer ke Irna 0852-5673-0492 (SMS / Whatsapp)

Salam Kemanusiaan Tanpa Batas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *