Memanfaatkan Teknologi Untuk Beramal

manfaat media sosial

Maha Suci Allah yang telah menciptakan manusia sebagai makhluk yang paling baik. Manusia adalah makhluk yang unik, diciptakan untuk menjaga bumi, manusia dibekali akal dan pikiran yang tanpa batas mengeksplorasi segala hal yang ada di sekitar nya. Membentuk peradaban, daya cipta, dan rasa ingin tau yang tinggi membawa manusia mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hingga saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa pola kehidupan manusia berubah drastis hanya dalam kurun waktu beberapa tahun saja.

Perkembangan teknologi yang tidak bisa dibendung membawa kemudahan-kemudahan bagi manusia dalam beraktivitas di keseharian nya. perkembangan teknologi yang meluas ini tentu juga dirasakan oleh umat islam di seluruh penjuru dunia. Bagaimanapun islam bukan agama tradisional dan tidak menutup diri akan perkembangan zaman, islam secara terbuka bahkan beberapa diantaranya ikut andil dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia. Namun tentu ada batasan dan pedoman yang harus di ikut oleh umat islam yaitu al-quran dan sunnah, selama aspek perkembangan zaman tersebut bertentangan dengan syariat wajib bagi kita untuk menolaknya. Ulama sendiri mengategorikan teknologi sebagai bagian dari muamalah, maka prinsip dasarnya adalah dibolehkan dalam islam selama tidak ada dalil yang menjelaskan larangannya.

Dewasa ini teknologi yang paling lekat dengan kehidupan sehari-hari adalah media sosial. Saking lekat nya, media sosial hampir dimiliki setiap orang yang ada di dunia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga lanjut usia memiliki akses ke madia sosial. Bahkan kita sudah ketergantungan dengan keberadaan media sosial. Tersedia banyak sekali manfaat media sosial yang bisa memudahkan kita dalam beramal dan menjalankan perintah Allah, berikut beberapa diantara nya:

  1. Menjaga silaturrahmi

Media sosial yang memberikan kemudahan berkomunikasi tanpa di batasi jarak dan waktu membuat umat islam dapat lebih menjaga tali silaturrahmi. Di media sosial kita dapat dengan mudah berinteraksi bersama siapapun termasuk keluarga, kerabat, atau bahkan sesama muslim. Kita bisa saling menukar kabar gembira, saling menyapa, bercerita, membagi kebahagiaan, dan interaksi-interaksi positif lainnya. Senantiasa menjaga komunikasi yang baik dan mencari teman adalah anjuran dari Allah swt, sebagaimana firman-Nya:

Artinya: “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (Al-Hujurat ayat 13).

  1. Sarana dakwah

Kita juga bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana dakwah. Di era modern saat ini, interaksi tiap orang dengan media sosial hampir terjadi tiap hari, hal ini bisa kita manfaatkan untuk menyebar kebaikan-kebaikan dan berdakwah. Tanpa harus menunggu mereka berkumpul dan datang ke masjid kita sudah bisa menyampaikan pelajaran-pelajaran islam yang berguna. Karena belakangan kesadaran anak muda untuk mengikuti kajian islam menurun, pilihan berdakwah di media sosial bisa menjadi pilihan yang tepat. Banyak konten dakwah yang bisa kita bagi di media sosial, seperti tulisan, video ceramah, kutipan audio ceramah, dll, dan biasanya konten-konten seperti itu lebih menarik perhatian khususnya anak muda.

  1. Bersedekah

Betapa luas dan banyaknya cakupan interaksi yang terjadi di media sosial membuat kita dapat begitu mudah mengetahui suatu peristiwa yang terjadi di luar sana. Di media sosial kalian bisa menemukan kabar terkini konflik yang terjadi di palestina, suriah, dan Rohingya, di media sosial juga kalian bisa mengetahui kabar terkini korban gempa lombok. Namun bukan hanya sekadar mengetahui, melalui media sosial kalian juga bisa ikut membantu meringankan beban mereka dengan bersedekah atau berdonasi via online.

Itulah beberapa manfaat media sosial yang bisa kalian amalkan dalam keseharian intinya adalah kebijaksanaan diperlukan dalam penggunaan sosial media, agar kita bisa mengambi hal positifnya dan terhindar dari hal negatifnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *