Lakukan Tindakan Preventif Pada Zona Hijau, BSMI Cabang Persiapan Luwu Utara Disinfeksi Masjid dan Edukasi Warga

BSMI-SULSEL.OR.ID – Masamba. RelawanBSMI dari BSMI Cabang Persiapan Luwu Utara turun ke lapangan dalam rangka pencegahan penyebaran virus COVID-19 . Para relawan turun ke masjid untuk melakukan disinfeksi sekaligus edukasi bagi warga sekitar. Beberapa masjid telah di datangi mesjid di Luwu Utara yakni mesjid Baiturrahman Amassangan I, masjid Al Azhar Salaka, masjid Nurul Huda Ammasangan dan masjid Nur Jannah Tomanasa, salah satu nya di Malangke.

Kepala Dusun Malangke mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh relawan BSMI sangat luar biasa sebagai ikhtiar untuk mencegah penyebaran virus corona. Beliau juga berharap agar masyarakat bisa berperan aktif juga bersama relawan BSMI Cabang Lutra dalam aksi-aksi kemanusiaan.

Panggungjawab ( Pj) BSMI Luwu Utara , Sri hastuti, S.Pd menyebutkan bahwa kegiatan penyemprotan dan disinfeksi serta edukasi masyarakat bukan hanya dilakukan di masjid-masjid. Tapi juga dilakukan di pasar. Pasar salah satu area publik, maka edukasi penting untuk dilakukan karena banyaknya masyarakat yang lalu lalang rentan akan terjadinya penularan tanpa disadari .

MASJID, BENTENG MELAWAN CORONA-19

Masjid disaat masa pandemi covid-19 ini sejatinya bisa menjadi benteng perlawanan untuk menjaga kesehatan masyarakat. Masjid bisa difungsikan sebagai pusat edukasi untuk warga dalam memahami covid-19. Membuat mading tempel atau membuat konten online dan disebarkan ke jamaah masjid akan sangat membantu untuk mencegah penyebaran covid-19.

Masjid juga bisa menjadi “pos pengaman” sosial dalam hal ekonomi dan logistik warga. Ketika ada warga yang kolaps secara ekonomi, maka jaringan masjid bisa mendeteksi dengan cepat. Masjid sebagai tools network, bukan sedekar tempat ritual semata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *