Konsep Kepedulian Dalam Islam

kepedulian sosial

islam merupakan agama damai yang menaruh perhatian lebih dalam hal kepedulian terhadap sesama. Pasalnya, diantara 5 pondasi rukun islam yang ditetapkan oleh Allah dan Rasul-Nya, ke empat diantaranya membahas hubungan antara manusia dan tuhannya sementara satu lainnya membahas tentang hubungan dengan manusia, dalam hal ini perintah untuk menyerahkan sebagian harta yang kita miliki ke pihak yang berhak menerimanya, atau di istilahkan islam dengan zakat.

Zakat merupakan cerminan bahwa islam adalah agama rahmat bagi seluruh alam, islam tidak menghendaki hambanya untuk egois dan tidak peduli dengan sesama. Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah pernah bersabda yang artinya: “Barangsiapa melepaskan dari seorang muslim satu kesusahan dari sebagian kesusahan dunia, niscaya Allah akan melepaskan kesusahannya dari sebagian kesusahan hari kiamat, dan barangsiapa memberi kelonggaran dari orang yang susah, niscaya Allah akan memberi kelonggaran baginya di dunia dan akhirat, dan barangsiapa menutupi aib seorang muslim, niscaya Allah akan menutupi aib dia di dunia dan akhirat, Allah akan senantiasa menolong seorang hamba selama hamba tersebut menolong saudaranya.”

Dalil ini menerangkan betapa Allah menghargai amalan sosial dan menekankan hamba-Nya untuk melaksanakannya. Allah pun mengecam siapa saja diantara kita yang tidak memiliki rasa kepedulian sosial terhadap hambanya, sebagaimana nabi memerintahkan memerangi siapa saja yang enggan membayar zakat, serta ancaman siksa neraka bagi yang menahan diri dengan sengaja membayar zakat.

Terdapat beberapa bentuk amalan dalam islam yang merupakan representasi kepedulian sosial yang menjadi asas pokok keislaman, berikut beberapa diantaranya:

  1. Zakat

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa zakat merupakan salah satu dari 5 rukun islam. Kedudukan hukum zakat adalah wajib bagi yang mampu dengan ganjaran dosa apabila dengan sengaja meninggalkannya. Zakat dalam islam berarti memberikan sebagian harta yang dimiliki dengan ketentuan tertentu untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya.

Secara makna, zakat bertujuan untuk menyucikan harta dan diri kita, dengan berzakat kita mengharapkan berkah dari harta yang kita miliki dan penyucian diri dari Allah sebagaimana firman-Nya:

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan  mereka . . .”( AT-Taubah : 103 )

  1. Infak

Infak dalam islam merupakan pengeluaran sukarela yang di keluarkan oleh seseorang dengan ikhlas kepada pihak yang membutuhkan tanpa ada batasan jumlah dan waktu. Secara harfiah infak merupakan sedekah dalam bentuk materi, saat sedekah mencakup lingkup yang luas, infak hanya berkaitan dengan pemberian sukarela dalam bentuk materi seperti uang dan harta lainnya. Meski yang dikeluarkan adalah harta, infak berbeda dengan zakat, infak tidak mengenal istilah nasab, haul dan takaran yang menjadi batasan, infak lebih fleksibel dalam hal jumlah dan waktu penyerahannya. Selain itu hukum infak sebatas sunnah sedangkan zakat adalah wajib.

  1. Sedekah

Telah dinyatakan melalui sabdanya, bahwa tiap apa yang bermanfaat dan diberikan kepada orang lain merupakan bagian dari sedekah. Sedekah tidak sebatas pada pemberian uang semata, menyingkirkan duri di jalan, tersenyum, dan berzikir merupakan bagian dari lingkup sedekah yang luas.

dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa hubungan islam dengan kepedulian sosial sangat lekat dan tidak bisa di pisahkan. Beramal sosial tidak lah sulit, tidak ada alasan bagi kita untuk acuh tak acuh kepada sesama khususnya umat islam. Menggalakkan segala bentuk amalan sosial merupakan cerminan indahnya islam, banyak saudara kita diluar sana yang membutuhkan pertolongan kita. Banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap sesama, bisa dengan berdonasi untuk korban bencana letusan gunung berapi, gempa bumi dan banjir bandang. Atau bisa dengan ikut berpartisipasi membantu kemajuan masyarakat miskin untuk kebaikan bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *