Keutamaan Bersedekah Berdasarkan Al-Quran Dan Hadist

hadist tentang sedekah

Sedekah artinya mengeluarkan sebagian harta yang dimiliki ke jalan Allah SWT. Sedekah pada hakikatnya merupakan bukti iman dan ketaatan kita kepada Allah SWT, bagaimana seorang muslim melepas atau merelakan apa yang dia cintai yaitu hartanya untuk di salurkan ke pihak yang lebih membutuhkan. Dalam bersedekah tidak ada paksaan di dalamnya, semuanya murni panggilan hati dan jiwa untuk melakukannya dengan ikhlas.

Cakupan bersedekah dalam islam tidak hanya sebatas memberikan materi saja, memberi senyum ke sesama muslim dan menyingkirkan duri dijalan juga masuk cakupan sedekah, sebagaimana hadist Nabi SAW “Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu.”(HR. Bukhari). Dan juga sabda Nabi “Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah“. (HR. At-Tirmidzi).

Namun, diantara banyaknya cakupan sedekah, yang paling utama adalah bersedekah materi ke jalan Allah, baik diberikan untuk kebaikan umat, maupun disalurkan ke pihak yang lebih membutuhkan. ada banyak sekali ganjaran yang disediakan oleh Allah agar tiap-tiap muslim menjadi pribadi yang suka bersedekah. Berikut beberapa keutamaan bersedekah yang termaktub dalam Al-quran dan Hadist:

  1. Rezeki akan dilipatgandakan

Allah SWT berfirman dalam Al-quran “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak“. (QS. Al-Hadid: 18)

Dalam hadist qudsi yang diriwayatkan oleh Rasulullah SAW, Allah SWT berfirman yang artinya “Barang siapa berniat untuk bersedekah, kecepatan Allah membalasnya lebih dari gerakan sedekahnya“.

Sedekah dapat melipatgandakan rezeki juga diperkuat oleh firman Al-quran yang artinya: “Perumpamaan orang-orang yang mendermakan (shodaqoh) harta bendanya di jalan Allah, seperti (orang yang menanam) sebutir biji yang menumbuhkan tujuh untai dan tiap-tiap untai terdapat seratus biji dan Allah melipat gandakan (balasan) kepada orang yang dikehendaki, dan Allah Maha Luas (anugrahNya) lagi Maha Mengetahui“. (QS. Al-Baqoroh: 261).

  1. Dapat menghapus dosa

Bersedekah bukan hanya dapat melipatgandakan rezeki, namun juga dapat menghapus dosa-dosa yang telah kita perbuat. Banyak hadist tentang sedekah yang menjelaskan keutamaan sedekah dapat menghapus dosa, diantara sabda Nabi SAW yang artinya “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“.(HR. At-Tirmidzi).

Namun bukan berarti hanya dengan bersedekah saja dosa-dosa kita dihapuskan begitu saja. Kalau kenyataan seperti itu, kita sama saja membeli dosa dengan materi, yang kaya materi dapat dengan leluasa berdosa tanpa takut masuk neraka. Agar dosa yang telah kita lakukan dapat terampuni, tetap kita harus bertaubat kepada Allah SWT, bertekad untuk tidak mengulanginya lagi dan membarengi denga amalan-amalan baik, salah satunya dengan bersedekah.

  1. Pelindung di alam kubur

Sebagai seorang muslim yang beriman sudah menjadi keharusan untuk yakin dan percaya adanya siksa kubur. Telah banyak firman Allah SWT dan hadist dari Nabi yang menjelaskan adanya alam kubur dan kondisi manusia di dalamnya.  Tentu diantara kita tidak ada yang menginginkan siksaan saar telah meninggal. ada beberapa cara yang diajarkan oleh Nabi SAW untuk menghindari siksa kubu, salah satunya dengan bersedekah, kita bisa terhindar dari kondisi buruk di alam kubur. Ada beberapa hadist tentang sedekah yang dapat menolong kita di alam kubur nanti. Nabi SAW bersabda: “Sesungguhnya sedekah itu benar-benar akan dapat memadamkan panasnya alam kubur bagi penghuninya, dan orang mukmin akan bernaung dibawah bayang-bayang sedekahnya“. (HR. At-Thabrani)

Bukan hanya terhindar dari siksaan di alam kubur, dengan bersedekah kuburan kita juga akan dibuat lapang dan terang, kalian juga akan mendapat syafaat di hari akhir dengan sedekah yang kita berikan.

Itulah tadi beberapa keutamaan bersedekah, meski tidak semuanya, namun paling tidak hati kalian akan tergugah untuk melaksanakan ibadah mulia satu ini. Tanamkan dalam diri bahwa harta dunia hanya sementara dan akhirat kekal abadi. Tidak ada salahnya bersedekah mulai sekarang sebagai pembiasaan diri, meski sedikit jumlahnya asalkan konsisten, amalan tersebut tetap akan dicintai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *