Kepedulian Islam Di Uji Dengan Bencana Lombok

Kepedulian terhadap sesama merupakan keharusan dan termasuk salah satu asas penyokong kesilaman tiap-tiap muslim. Baru-baru indonesia kembali dirundung berita duka, lombok berduka, itulah kata yang tepat menggambarkan kondisi saudara-saudara kita di lombok. Kedahsyatan bencana alam gempa bumi dengan kekuatan 7 SR, membuat pilu masyarakat lombok, lebih dari ratusan korban jiwa, ribuan korban luka-luka, dan ratusan rumah serta bangunan hancur.

Kepedulian umat islam kembali di uji melalui bencana ini, di tengah tensi perpecahan yang kian memanas, konflik antara umat beragama yang kian gencar, dan perseteruan antara umat islam yang seakan tidak ada ujung nya, bencana lombok bisa menjadi momentum persatuan atau malah perpecahan yang kian merebak.

Islam mengajarkan asas kepedulian dan tolong menolong kepada sesama. Siapapun yang menolak membantu sesama muslim padahal mereka mampu, sama saja membawa kebinasaan untuk islam dan dirinya sendiri. Sangat tidak etis menjadikan berbeda pandangan sebagai alasan enggan membantu saudara seiman, perbedaan adalah hal yang wajar terjadi dalam pluralisme masyarakat, kedewasaan masyarakat dalam menyikapi hal ini menjadi penting agar persatuan dan kedamaian tetap terjaga. Saat ini lombok butuh bantuan, singkirkan sejenak tensi politik yang ada dan mulailah bersatu untuk membantu. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membantu saudara kita di lombok, berikut diantaranya:

  1. Berdonasi pakaian

Hal yang paling simpel yang bisa kita lakukan adalah berbagi pakaian yang masih layak pakai untuk korban bencana di sana. pasca terjadi gempa tentu rumah dan harta mereka juga ikut hancur termasuk pakaian-pakaian mereka, membuat banyak diantara mereka yang kekurangan pakaian untuk di pakai sehari-hari. Bukan hanya itu mereka juga butuh selimut dan alas tidur untuk menghangatkan mereka di malam hari.

  1. Bersedekah uang tunai

Hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan menyumbangkan sebagian uang yang kita miliki untuk membantu mereka. Jika sekiranya kita memiliki kemampuan finansial yang berlebih, ada baiknya kita selain memberikan pakaian yang layak, juga memberikan uang tunai untuk membantu meringankan beban mereka.

  1. Memberikan kebutuhan pokok

Mereka tentu sangat membutuhkan makanan dan obat-obatan untuk menjaga kelangsungan hidup mereka. Kekurangan makanan pasti terjadi saat terjadi bencana alam, kurang nya suplai makanan dari pemerintah setempat membuat terkadang jatah tiap orang sangat sedikit bahkan beberapa diantara mereka tidak dapat jatah sama sekali. Selain itu, Selama di pengungsian otomatis mereka kehilangan sumber pendapatan mereka sementara mereka tetap harus bertahan hidup di tengah kondisi panca bencana. Mereka tidak bisa lagi mencari makanan pokok dari hasil pertanian mereka, mereka pun tidak memiliki cukup uang untuk membeli, bahkan toko-toko yang menjual kebutuhan pokok, sehingga suplai makanan yang paling mungkin hanya dari pemerintah dan bantuan kita semua.

  1. Mendoakan

Bantuan terakhir yang bisa anda berikan untuk membantu korban bencana lombok adalah doa, senjata terkuat umat islam adalah doa, tidak ada yang bisa menangkal saat Allah telah berkehendak. Saat kita juga dalam kondisi kekurangan untuk membantu sesama, doa merupakan opsi terbaik. Paling tidak kita bisa membuktikan rasa kepedulian kita dengan turut mendoakan yang terbaik untuk mereka.

Intinya adalah bantuan apapun yang kita berikan, selama hal tersebut memiliki nilai guna yang tinggi pasti akan berguna untuk mereka. Sekali lagi singkirkan sejenak ego dan tensi kita terhadap sesama untuk bersatu membantu mereka yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *