Jalan Mempermudah Datangnya Rezeki

keutamaan sedekah

Rezeki, merupakan segala hal yang bermanfaat yang datangnya dari Allah swt dan telah dihalalkan oleh-Nya, segala hal tersebut baik berupa pakaian, makanan, istri, anak laki-laki dan perempuan, termasuk pula kesehatan, pendengaran dan penglihatan. Dari definisi ini, rezeki tidak melulu soal harta kekayaan, hati yang tenang, merasa cukup, hingga kesehatan pun termasuk rezeki yang wajib disyukuri.

Tahukah anda, bahwa tiap yang bernyawa telah dijamin rezeki nya masing-masing oleh Allah SWT? yup, terkadang kita menghabiskan banyak waktu untuk mencari rezeki, hingga rela bekerja siang dan malam dan lupa ibadah, padahal sebenarnya rezeki tiap makhluk termasuk kita sudah dijamin oleh yang maha kuasa, sebagaimana tertulis jelas di al-quran

اللَّهُ الَّذِي خَلَقَكُمْ ثُمَّ رَزَقَكُمْ ثُمَّ يُمِيتُكُمْ ثُمَّ يُحْيِيكُمْ هَلْ مِنْ شُرَكَائِكُمْ مَنْ يَفْعَلُ مِنْ ذَلِكُمْ مِنْ شَيْءٍ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُونَ.

Artinya “Allah-lah yang menciptakan kamu, kemudian memberimu rezki, kemudian mematikanmu, kemudian menghidupkanmu (kembali). Adakah di antara yang kamu sekutukan dengan Allah itu yang dapat berbuat sesuatu dari yang demikian itu? Maha sucilah Dia dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan”. (QS. ArRum : 40)

Dalil tersebut menjelaskan bahwa Allah SWT, dialah yang menciptakan kita, memberi rezeki, mematikan dan menghidupkan kembali di hari akhir.

Namun tentu, Allah SWT tidak ingin menjadikan kita hamba yang malas bekerja dan tidak mau berusaha. Telah dijelaskan melalui Nabi kita bahwa ada beberapa jalan yang membuat rezeki kita tertahan untuk diberikan dan sebaliknya, ada beberapa jalan yang mempermudah rezeki kita. Islam tidak mengajarkan kita menjadi pengangguran, pemalas dan peminta-peminta, sebaliknya Allah SWT, menganjurkan kepada kita untuk tetap berusaha mencari karunia nya sebagaimana termaktub dalam al-quran:

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (QS. AlJumu’ah :10 ).

Makna kalimat “bertebaranlah kamu di muka bumi” merujuk pada 2 hal yaitu perintah melanjutkan kegiatan setelah selesai sholat jumat, dan larangan untuk berdiam diri, tidur, dan istirahat dimasjid setelah sholat jumat.

Telah diajarkan melalui Rasulullah SAW, bahwa ada beberapa ibadah atau kegiatan yang bisa dilakukan akan membuka pintu rezeki kita, salah satunya adalah memperbanyak sedekah. Islam mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang peduli dengan sekitar, menyisihkan sebagian harta kita untuk disalurkan ke orang yang membutuhkan merupakan perbuatan dengan ganjaran luar biasa. Jangan ragu untuk bersedekah Dengan bersedekah, berbagi ke pihak yang membutuhkan, uang atau harta yang kita miliki tidak akan berkurang malah akan bertambah, sebagaimana hadist nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

“Sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim, no. 2588)

Yahya bin Syarf An Nawawi rahimahullah, menjelaskan dua tafsir dari hadist tersebut; yang pertama yaitu sedekah tidak mengurangi harta berarti harta tersebut akan diberkahi dan dihilangkan dari dampak bahaya, kekurangan harta karena bersedekah akan ditutupi dengan keberkahan yang terdapat padanya. Yang kedua, walau harta berkurang, kekurangan tersebut akan digantikan dengan pahala yang nilai nya lebih besar dan berkali lipat.

Selain membuka pintu rezeki, sebagian ulama berpendapat dan menjelaskan keutamaan sedekah dapat melipatgandakan rezeki yang telah diberikan, dapat menghapus dosa, dan sebagai naungan di hari kiamat. Bersedekah bisa dalam bentuk apa saja, bahkan senyum ke sesama muslim dan menyingkirkan bahaya di tengah jalan juga termasuk bersedekah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *