Hal Yang Bisa Kita Lakukan Untuk Membantu Palestina

donasi palestina

“Tidak sempurna iman seseorang di antaramu hingga mencintai saudaranya seperti ia mencintai dirinya sendiri,”, hadist tersebut paling tidak menyuarakan pesan mendalam, lakukanlah sesuatu untuk membantu saudara sesama muslim yang membutuhkan. hadist ini juga merupakan teguran keras bagi mereka yang mengaku muslim namun masih enggan mengorbankan sebagian apa yang dicintainya untuk membantu saudaranya sesama muslim.

Belakangan ini, umat islam dunia tengah dirundung cobaan yang memilukan hati, khusus nya bagi warga palestina yang menjadi korban kekejaman zionis israel yang membombardir wilayah mereka dan mengakibatkan banyak korban jiwa berjatuhan. Telah hampir 80 tahun konflik kedua negara ini memanas, ditandai dengan resmi nya israel sebagai negara berdaulat hingga detik ini, kedua negara masih berseteru memperebutkan tanah yang dijanjikan tersebut.

Umat islam palestina butuh bantuan, mungkin kalimat tersebut yang paling tepat menggambarkan kondisi umat muslim di palestina. Peperangan berat sebelah yang mereka hadapi telah membuat wilayah teritorial mereka berkurang drastis. Mereka terisolasi di rumah mereka sendiri, harta kekayaan mereka, keluarga mereka, rumah-rumah mereka, musnah bersama dengan berkurang nya wilayah kekuasan mereka. Seakan terpenjara di rumah sendiri, mata pencaharian hilang, jumlah makanan yang terbatas, ditambah gempuran roket-roket zionis israel yang tak henti membombardir wilayah mereka, dan masih banyak lagi kesulitan yang mereka hadapi di sana.

Dalam islam persaudaraan tidak terikat jarak maupun warga negara, indahnya islam membuat semua penganutnya adalah saudara se-iman yang perlu saling tolong-menolong dan membantu. Ukhuwah islamiyah terbentuk atas dasar iman dan islam. Meski jarak palestina sangat jauh dari indonesia, namun bukan berarti hal tersebut menjadi penghalang bagi kita untuk membantu saudara kita di sana.

Sebagai bentuk solidaritas persaudaraan kita sesama muslim, ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk setidaknya meringankan beban mereka yang berjuang di sana. Bantuan tidak harus berupa fisik seperti uang maupun tenaga dengan ikut berjuang di sana, pengertian membantu jauh lebih luas dari itu, bahkan mendoakan pun merupakan bantuan yang paling baik.

Siapa lagi yang bisa menolong selain yang Maha Kuasa, siapa lagi yang bisa memperlihatkan keajaiban selain Allah swt. Jangan pernah meremehkan kekuatan doa. Doa merupakan senjata terkuat umat islam, dengan doa artinya Allah swt bersama kita, tidak ada yang tidak mungkin baginya, 1 banding 1000 tentara pun tidak ada pengaruhnya jika Allah swt berkehendak kita menang.

Selain doa, tentu butuh tindakan nyata untuk menunjukkan keseriusan kita dalam memohon kepada Allah swt. Dalam jangka pendek, jihad dengan harta adalah yang terbaik yang bisa kita lakukan. Jihad harta artinya kita menyisihkan sebagian harta yang dimiliki untuk digunakan berjuang di jalan Allah swt. Harta apapun itu, berapapun jumlahnya pasti akan berguna untuk saudara kita di sana. Seiring berkembangnya aksi bela palestina telah banyak yang menyediakan sarana donasi palestina untuk nantinya dikirimkan ke pihak yang membutuhkan. Hal ini tentu berguna bagi kita yang ingin mendulang pahala dengan bersedekah untuk palestina.

Hal-hal kecil juga bisa kita lakukan sebagai bentuk penolakan kita terhadap apa yang terjadi di sana. seperti misalnya memboikot produk yang ditujukan untuk membantu pihak israel, menggalakan aksi belas palestina secara meluas, bahkan menjaga persatuan umat islam dan menghindari perpecahan sesama muslim juga akan memberi dampak tidak langsung untuk menegakkan ukhuwah islamiyah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *