Beramal Di Era Modern

Tidak bisa dipungkiri, keadaan umat islam di zaman dahulu dengan keadaan umat di masa sekarang sangat jauh berbeda. Telah terjadi perkembangan teknologi yang terus menerus membuat pola kehidupan masyarakat secara umum pun ikut berubah termasuk tatanan hidup umat islam. Agama islam bukanlah agama tradisional yang tertutup dengan perkembangan zaman, bahkan telah banyak bukti bahwa islam sangat amat terbuka dengan perkembangan yang ada selama masih dalam jalur yang dibenarkan, bahkan tidak sedikit orang islam yang terlibat dalam perkembangan tersebut.

Banyak contoh perubahan pola dalam kehidupan umat islam yang berubah di era modern seperti sekarang ini. Seperti misalnya dalam hal berdakwah menyebar kebaikan. Dahulu dakwah sangat erat kaitannya dengan seseorang yang berceramah diatas banyak orang, di saksikan oleh banyak orang di depan nya. Dahulu bahkan tidak sedikit pendakwah melakukan perjalanan dari kota satu ke kota lainnya, dengan memakan waktu hingga berhari-hari untuk menyebarkan dakwah islam di kota atau wilayah tersebut.

Sekarang di era modern, tiap orang sudah bisa dengan mudah menyebarkan dakwah kebaikan ke banyak orang tanpa harus berbicara di atas mimbar atau melakukan perjalanan. salah satu pemanfaatan teknologi yang paling terasa manfaatnya adalah kemudahan berkomunikasi. Dengan kemudahan tersebut, sang pendakwah mampu menyebar dakwah ke banyak orang hanya dalam waktu singkat dengan tenaga yang sedikit.

Bukan hanya pola dakwah saja yang berubah, namun beberapa amalan sunnah juga terkena imbas dari perkembangan zaman di era modern ini. Salah satunya adalah bersedekah, belakangan sedekah online menjadi marak di lakukan oleh umat islam. Sekarang umat islam sudah tidak perlu repot untuk keluar rumah untuk membagikan sedekah ke pihak yang membutuhkan. Dengan pemanfaatan teknologi, kita sudah bisa melakukannya dengan mudah dan cepat. Bahkan dengan teknologi kita sudah bisa membantu saudara kita yang membutuhkan meski lokasinya berbeda negara sekalipun. Bukan hanya sedekah, zakat pun sudah bisa dibayarkan melalui media online ke pihak yang terpercaya.

Memang kita tidak meragukan kemudahan teknologi yang ada di era modern saat ini, namun yang menjadi pertanyaan apakah amalan yang kita lakukan seperti sedekah online sah dan diterima di sisi Allah swt? Terkait mengenai keabsahan sedekah dan zakat yang di salurkan secara online. Beberapa ulama kontemporer berselisih paham akan hal ini, namun secara umum jumhur ulama membolehkan sedekah dan zakat secara online namun lebih utama jika diberikan secara langsung.

Secara umum tidak ada penjelasan mengenai bersedekah dan membayar zakat secara online, karena hal tersebut tidak terdapat di zaman Rasulullah saw dan kurang familiar di khazanah keilmuan islam klasik. Maka dari itu ulama kontemporer kemudian men-qiyash-kan zakat dan sedekah online dengan zakat dan sedekah secara umum. Selama rukun dan syarat sedekah secara umum tidak dilanggar dalam tindakan sedekah online, maka sedekah online sah di lakukan, begitupun dalam hal zakat online. Dengan pertimbangan inilah ulama menyepakati bahwa sedekah maupun zakat secara online sah dilakukan.

Islam bukanlah agama yang kaku akan perkembangan zaman, kita sudah dibekali dengan al-quran dan hadist untuk mengetahui kedudukan tiap amalan yang kita lakukan, dan tentu saja penjelasan dari al-quran dan hadist tidak terikat masa dan zaman. selain itu ulama-ulama di seluruh dunia akan terus berijtihad mengenai setiap aspek kecil yang butuh penjelasan kepada umat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *