Apotek Gratis di Rumah Sakit Lapangan

BSMI Sulsel, Sigi (Sulteng) – Apotek gratis untuk para pasien di Rumah Sakit Lapangan Bulan Sabit Merah Indonesia (RSL BSMI) adalah salah satu program yang dimiliki RSL di Kabupaten Sigi. Hal ini bertujuan untuk membantu penyembuhan pasien pasca bencana Gempa Tsunami selain penanganan langsung oleh dokter ahli yang ada di RSL.

Dikutip dari www.depkes.go.id, “pada prinsipnya pelayanan farmasi (obat dan perbekalan kesehatan) kepada pasien di RS lapangan hampir sama dengan pelayanan pada pasien di rumah sakit biasa karena kondisi darurat sistem pelayanannya dibuat lebih sederhana. Kriteria jenis obat yang disediakan di RS lapangan adalah obat untuk penyelamat jiwa (pertolongan pertama atau kondisi emergensi).”

Menurut M. Fakhrudin Yusuf selaku apoteker di Rumah Sakit Lapangan BSMI, beberapa jenis obat-obatan masih sangat diperlukan karena persediaan yang terbatas.

“Beberapa obat yang saat ini masih belum tersedia ataupun jumlahnya yang masih terbatas, diantaranya adalah obat untuk diare yang berupa sirup seperti Kaolin Pectin, vitamin anak, dan salep untuk gatal-gatal. Sedangkan untuk UGD, yang diperlukan yaitu Abocath, kateter, dan lainnya.”

Adapun “Gift of the Givers” yang merupakan organisasi kemanusian dari Afrika juga membantu ketersediaan di apotek RSL BSMI dengan mendonasikan beberapa obat-obatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *