Dukung Misi Kemanusiaan Bencana Banjir Luwu Utara, BSMI Sulsel Dirikan Posko Komando di Makassar

Untuk mendukung misi kemanusiaan pasca bencana banjir Luwu Utara, Sulawesi Selatan, terhitung sejak 20 Juli 2020, Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Sulsel mendirikan posko Komando BSMI di Kota Makassar. 

Posko komando ini beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan KM 8, Kompleks Ruko Puri Tamansari B/5.

Menurut Ketua BSMI Sulsel, Basri Mahmud, hasil report relawan BSMI di lokasi bencana, mendorong mereka mendirikan posko di Makassar yang difungsikan sebagai posko penggalangan donasi bagi korban banjir.

“Tampaknya, pemulihan pasca banjir di beberapa lokasi terdampak di Luwu Utara yang akan memakan waktu tak sedikit. Ada banyak kerusakan yang harus dibenahi oleh pemerintah setempat. Dan, tenaga relawan tentu sangat dibutuhkan pula di sana. Karena itu, posko komando berfungsi untuk memudahkan para donatur menyalurkan bantuannya ke Luwu Utara. Menyokong kegiatan kemanusiaan rekan-rekan relawan di sana yang diprediksi berlangsung lama juga,”terang Basri Mahmud, Ketua BSMI Sulsel.

BACA JUGA : Relawan BSMI Periksa Kesehatan di Posko Pengungsi Korban Banjir Luwu Utara

Kondisi kerusakan yang disebabkan banjir di lokasi bencana yakni di daerah sepanjang daerah aliran sungai Masamba, termasuk Kota Masamba dan daerah di aliran sungai Radda seperti Desa Meli, Dusun Petambua, dan Desa Radda. Begitu pula pada beberapa desa yang dilalui aliran Sungai Ronkong di Kecamatan Sabbang.

Relawan BSMI di Posko Komando BSMI Sulsel di Jalan Perintis Kemerdekaan KM 8 (Dok BSMI)

Berdasarkan data dari BPBD setempat, banjir Luwu Utara berdampak pada beberapa desa di enam kecamatan. Termasuk daerah kecamatan yang terletak di pesisir Luwu Utara.

“Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi untuk membantu dan mengurangi beban korban banjir di Luwu Utara, dapat menyalurkan bantuan melalui kami,”tukasnya.

Barang yang dibutuhkan menurut Basri seperti sarung atau selimut, popok bayi, peralatan mandi seperti sabun, pasta dan sikat gigi, susu untuk bayi, dan lainnya.

“Berupa barang seperti itu bisa datang langsung ke posko komando. Sementara yang mau menyalurkan dana, bisa melalui rekening No.rek BNI/BNI Syariah 0998882779 Bulan Sabit Merah Indonesia Sulawesi Selatan. Konfirmasi melalui WA 0852-5600-0955,” jelasnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *